Beranda Wisata Danau Napabale, Danau Romantis Yang Unik

Danau Napabale, Danau Romantis Yang Unik

79
0
Danau Napabale (Foto: wartawisata.id)

Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Sulawesi Tenggara, datanglah ke Danau Napabale. Danau unik dengan airnya yang asin dan pemandangannya yang memukau tentu akan membuat kunjungan kamu ke Sulawesi Tenggara jadi lebih berkesan.

Danau ini unik karena air laut terjebak cincin karang yang akhirnya membentuk cawan. Air berkubang luas dilingkari bukit-bukit karang yang tinggi dan terjal. Bukit rimbun menghijau nan kokoh seperti benteng penjaga Napabale yang terletak di tebing tinggi Lohia, dekat pantai dengan pemandangan Selat Buton.

Lokasi Danau
Danau Napabale adalah danau air asin yang berada di kaki bukit Desa Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Danau ini bersebelahan dengan laut yang dihubungkan dengan terowongan alam sepanjang 30 meter dengan lebar 9 meter.

Berjarak sekitar 15 Km dari Kota Raha Ibu kota Kabupaten Muna Propnsi Sulawesi Tenggara. Posisinya yang dikelilingi oleh bukit-bukit karang serta dihubungkan dengan laut oleh sebuah terowongan menghadirkan sebuah panorama alam yang sangat indah untuk dinikmati.

Dari kejauhan, nampak air laut mengalir lewat gua-gua kecil di kaki bukit karang. Ada tiga karang besar yang ditumbuhi pepohonan liar. Bentuknya seperti tube fallopi, dan tempat ini menjadi lorong jutaan berbagai spesies ikan laut yang hidup di Selat Buton.

Terdapat Terowongan
Terowongan alam yang ada di Danau Napabale, merupakan pemasok air danau yang berasal dari laut. Oleh karena itu, air Danau Napabale pun terasa asin. Selain sebagai pemasok air, terowongan juga asyik dijadikan tempat wisata, dan sering dilewati para pelancong yang datang.

Jika kamu datang pada saat air surut, terowongan tersebut bisa ditelusuri dengan menggunakan perahu pincara. Tapi jangan sekali-kali mencoba saat air laut sedang pasang, karena terowongan tersebut akan tertutup air.

Panorama alam Napabale semakin mempesona bila senja menjelang. Langit yang merona merah seakan turut mengantar para nelayan yang mulai turun kelaut untuk memulai aktiitas mencari ikan. Dari Danau Napabale para nelayan tersebut mulai mengayuh perahu koli-koli mereka menuju selat buton dengan melalui terowongan alam Danau Napabale.

Diselat Buton perahu yang lebih besar yang biasa disebut bagang oleh masyarakat setempat telah menanti dan siap membawa mereka ke lautan lepas yang dipenuhi berbagai jenis ikan untuk ditangkap.

Pesona Danau sekaligus Pantai
Mengunjungi Danau Napabale, berarti Anda akan menikmati dua pesona wisata alam sekaligus, yaitu danau dan pantai. Dari danau, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan berupa hamparan pepohonan yang menyejukkan.

Lambaian bunga-bunga anggrek batu di sepanjang dinding danau yang mengelilinginya mampu menyejukkan perasaan yang sebelumnya diliputi oleh kegundahan. Barisan berbagai biota yang ada di dalamnya juga seakan tak mau ketinggalan untuk menghibur setiap pengunjung di Danau tersebut.

Berlayar dan Menyelam
Kegiatan paling asyik untuk menikmati Danau Napabale adalah dengan berlayar atau pun menyelam. Kamu bisa berlayar menggunakan sampan atau perahu yang disewakan oleh nelayan di sekitar danau. Kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Danau Napabale dari atas sampan dengan melewati terowongan jika air laut sedang surut. Kamu juga bisa berjalan kaki sekitar 20 meter melewati batu-batu karang.

Jika kamu hobi menyelam, jangan lewatkan juga kesempatan untuk menyaksikan pemandangan bawah air Danau Napabale yang menakjubkan. Puas menikmati suasana danau, kamu bisa menyeberang melewati terowongan menuju tepi pantai.

Akses Menuju Lokasi
Penasaran ingin berkunjung langsung? Caranya mudah, kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Raha atau Bandara Walter Mongonsidi. Dari Pelabuhan Raha, kamu bisa menggunakan perahu kecil menuju Teluk Muna. Waktu tempuh pun sangat singkat, hanya 15 menit.

Angkot pun siap mengantar anda setiap saat saat dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari kota Raha. Penginapan dekat Danau Napabale juga menawarkan harga yang wajar, sehingga kamu tidak perlu risau memikirkan tempat bermalam jika kamu berencana menginap di wilayah tersebut.

Sebagai destinasi wisata yang unik, maka sayang bila kamu tidak mengunjunginya, apalagi kamu berada di Kabupaten Muna. Dengan mengunjungi Napabale berarti kamu telah melakukan dua kunjungan wiaata dalam waktu yang bersamaan, yaitu wisata alam dan Wisata Budaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukan namamu disini