CONTOH PIDATO KEBERSIHAN LINGKUNGAN di SEKOLAH

Sudah banyak jenis pidato disampaikan oleh para pembicara di berbagai kesempatan acara atau forum besar, namun untuk urusan kebersihan lingkungan masih minim sekali penyampaiannya. Oleh karena itu Info Indonesia akan berbagi pada anda contoh pidato kebersihan lingkungan yang bisa dijadikan referensi dan memberikan sumbangsih pemikiran dalam menjaga kebersihan disekitar kita. Pidato kebersihan lingkungan akan sangat pas disampaikan seperti pada hari bumi sedunia, hari air sedunia dan event lainya yang berhubungan dengan alam.

Contoh Pidato Kebersihan Lingkungan
Yang dimaksud dengan lingkungan ialah, kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral atau biasa disebut komponen abiotik segala sesuatu yang tidak bernyawa. Dengan segala hal yang termasuk dalam komponen biotik, atau segala yang bernyawa seperti manusia, flora dan fauna danmikro – organisme (virus dan bakteri) yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, Lingkungan bisa dikatakan wadah tempat tinggal bagi kita yang mempengaruhi kelangsungan hidup seluruh mahkluk didalamnya.

Keseimbangan dan kebersihan lingkungan adalah faktor utama lingkungan dikatakan sehat. Untuk itu, perlu kesadaran masing-masing kita untuk menjaga lingkungan tetap seimbang, bersih dan nyaman. Selain kesadaran pribadi, seringkali perlu ditunjang dengan adanya kesadaran masyaraat dengan menggalakkan penyuluhan-penyuluhan, kerja bakti ataupun kegiatan sosial untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

Simah contoh pidato singkat tentang kebersihan lingkungan sekitar berikut:

Assalamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera buat kita semua

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kita sehingga dapat berkumpul di tempat ini.

loading...

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati guru-guru sekolah X dan teman-teman yang saya sayangi. Pidato saya kali ini mengenai arti penting kebersihan lingkungan bagi kita semua.

Bapak/Ibu Guru dan teman semua

Seperti kita ketahui pada saat ini kita sering mendengar banjir. Baik di kota maupun di desa, apa penyebab terjadinya banjir? ya salah satunya adalah terhambatnya aliran air di sungai, kali dan selokan akibat adanya penumpukan sampah. Apabila aliran air tersumbat maka kemungkinan besar akan terjadi banjir, karena air akan meluap dari sungai atau selokan. Setiap hari ketika saya berjalan menuju sekolah ini, saya selalu melihat tumpukan sampah di selokan. Sepertinya belum tumbuh kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.

Pada kesempatan kali ini saya mengajak saudara-saudara sekalian untuk menjaga kebersihan. Mari kita mulai dari diri kita sendiri dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Selain penyebab banjir, sampah merupakan perusak pemandangan. Coba kita amati di daerah-daerah kumuh yang banyak tumpukan sampah. Amat sangat menyedihkan, sampah berserakan di mana-mana. Tidak hanya di daerah kumuh. Tapi juga di sekolah, di rumah kita terkadang sampah masih aja berserakan.

Bapak/Ibu Guru dan teman semua

Pada kesempatan kali ini mari kita tanamkan di diri kita masing-masing untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Memang kelihatannya sesuatu yang sepele..buang sampah pada tempatnya. Tapi terkadang sangat sulit untuk dilakukan.

Agama islam sendiri mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Mari kita jaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Sehingga dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, mudah-mudahan kita terhindar dari bencana banjir, mudah-mudahan kita terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kuman-kuman yang cinta dengan sampah. Sehingga lingkungan kita juga tampak indah bersih, sejuk dipandang mata.

Demikianlah pidato singkat saya mengenai arti penting menjaga kebersihan lingkungan. Apabila ada salah-salah kata saya mohon maaf.

Wasalamualaikum wr wb.

loading...
CONTOH PIDATO KEBERSIHAN LINGKUNGAN di SEKOLAH | Klikgaptek | 4.5